Dasar pemasaran
1. Yang dimaksud dari perkembangan konsep pemasaran adalah suatu pengaruh terhadap kegiatan pemasaran yang disebabkan oleh beberapa factor. Dan perkembangan konsep pemasaran berupa :
• konsep produksi
• konsep produk
• konsep penjualan
• konsep pemasaran (social)
• konsep pasar
contoh penerapan di bidang pemasaran jasa yaitu lembaga guru privat yang dimana didalamnya terdapat orang-orang yang sangat potensial dalam bidang akademik dan yang kemudian dapat disalurkan untuk menjadi guru privat yang bisa diandalkan oleh lembaga tersebut.
2. Sistem pemasaran adalah pola hubungan dari perilaku-perilaku kegitan pemasaran yang mempunyai tujuan transaksional tertentu. Salah satu tujuan utama yang hendak dicapai adalah tingkat masyarakat yang maksimum. Karena pada saat masyarakat belum dapat mengkonsumsi segala yang dibutuhkan akibat keterbatasan produsen dan sebagainya. Oleh karena itu tingkat konsumsi perlu dikembangkan bahkan dimaksimumkan.
Sedangkan lingkungan pemasaran adalah pelaku dan kekuatan yang berada disekeliling perusahaan yang tidak dapat dikendalikan oleh pihak perusahaan, tetapi dapat mempengaruhi kegiatan dan kinerja pemasaran dan bisnis perusahaan. Struktur dari system pemasaran terbentuk oleh dua komponen subsistem lingkungan utama, yaitu subsistem lingkungan internal dan subsistem lingkungan eksternal.
3. factor-faktor lingkungan yang mempengaruhi system pemasaran yaitu : pemasok, penyalur, pesaing, pelanggan, pasar dsb.
Ok saya akan mengambil satu contoh dari pengaruh pemasok, pemasok merupakan salah satu factor yang sangat mempengaruhi system pemasaran, karena tanpa adanya pemasok system pemasaran tersebut tidak akan berkembang. Karena dari pemasok lah dana dapat diperoleh.
4. perilaku pasar konsumen adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk
5. factor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian suatu produk :
• factor social
• factor personal
• factor psychological
• factor cultural
ambil contoh penerapan dari factor social yaitu dari keluarga (family influence) keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian. Para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda. Para istri sebagai contoh, memberikan pengaruh yang besar dalam keputusan yang melibatkan toko-toko penjualan kosmetik.
1. Yang dimaksud dari perkembangan konsep pemasaran adalah suatu pengaruh terhadap kegiatan pemasaran yang disebabkan oleh beberapa factor. Dan perkembangan konsep pemasaran berupa :
• konsep produksi
• konsep produk
• konsep penjualan
• konsep pemasaran (social)
• konsep pasar
contoh penerapan di bidang pemasaran jasa yaitu lembaga guru privat yang dimana didalamnya terdapat orang-orang yang sangat potensial dalam bidang akademik dan yang kemudian dapat disalurkan untuk menjadi guru privat yang bisa diandalkan oleh lembaga tersebut.
2. Sistem pemasaran adalah pola hubungan dari perilaku-perilaku kegitan pemasaran yang mempunyai tujuan transaksional tertentu. Salah satu tujuan utama yang hendak dicapai adalah tingkat masyarakat yang maksimum. Karena pada saat masyarakat belum dapat mengkonsumsi segala yang dibutuhkan akibat keterbatasan produsen dan sebagainya. Oleh karena itu tingkat konsumsi perlu dikembangkan bahkan dimaksimumkan.
Sedangkan lingkungan pemasaran adalah pelaku dan kekuatan yang berada disekeliling perusahaan yang tidak dapat dikendalikan oleh pihak perusahaan, tetapi dapat mempengaruhi kegiatan dan kinerja pemasaran dan bisnis perusahaan. Struktur dari system pemasaran terbentuk oleh dua komponen subsistem lingkungan utama, yaitu subsistem lingkungan internal dan subsistem lingkungan eksternal.
3. factor-faktor lingkungan yang mempengaruhi system pemasaran yaitu : pemasok, penyalur, pesaing, pelanggan, pasar dsb.
Ok saya akan mengambil satu contoh dari pengaruh pemasok, pemasok merupakan salah satu factor yang sangat mempengaruhi system pemasaran, karena tanpa adanya pemasok system pemasaran tersebut tidak akan berkembang. Karena dari pemasok lah dana dapat diperoleh.
4. perilaku pasar konsumen adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi tindakan penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan suatu produk
5. factor-faktor yang mempengaruhi proses keputusan pembelian suatu produk :
• factor social
• factor personal
• factor psychological
• factor cultural
ambil contoh penerapan dari factor social yaitu dari keluarga (family influence) keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku pembelian. Para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri, dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda. Para istri sebagai contoh, memberikan pengaruh yang besar dalam keputusan yang melibatkan toko-toko penjualan kosmetik.
Komentar