pemasaran
Pemasaran adalah suatu kegiatan usaha manusia dalam bentuk usaha dagang yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari seorang produsen kepada seorang konsumen.
fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi, mendefinisikan dan mengukur besarnya,menentukan pasar sasaran mana yang paling baik yang dapat dilayani, menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani pasar (Kotler, 2003).
Perubahan pemasaran dari orientasi produk ke pola pemasaran yang berorientasi pasar dewasa ini menjadikan persaingan semakin kompetitif. Oleh karenanya untuk berhasil sesuatu perusahaan didalam persaingan disyarakatkan harus menciptakan nilai tambah bagi para konsumen serta memperhatikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.
(Band, 1991).
Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli.
Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya
penjualan
Definisi penjualan yaitu penerimaan yang diperoleh dari pengiriman barang dagangan dalam bursa dagang karena terjadinya pertukaran antar uang dengan barang dagang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penjualan :
• Kondisi dan kemampuan sang penjual
Penjual harus dapat meyakinkan pembeli agar dapat menghasilkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Disini sang penjual sebagai pihak pertama dan sang pembeli sebagai pihak kedua. Penjual juga harus memahami beberapa masalah penting yang berkaitan dengan jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan, harga produk, syarat-syarat penjualan seperti misanlnya pelayanan sesudah penjualan, garansi dsb.
• Kondisi pasar
Kondisi pasar harus baik, karena kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan sangat mempengaruhi kegiatan penjualanya.
• Modal
Apabila lokasi pembeli jauh dari penjual akan menjadi lebih sulit penjualan barangnya. Dalam keadaan seperti ini, penjual harus memperkenalkan dulu barangnya kepada si pembeli, oleh Karena itu dibutuhkan modal untuk biaya transport, dana promosi dsb.
• Kondisi perusahaan tersebut
Keharmonisan di dalam perusahaan sangat dibutuhkan, sehingga tidak ada terjadinya percekcokan, dalam hal ini biasanya ditangani oleh orang yang sudah ahlinya atau ahli dibidang penjualan agar kondisi perusahaan tertata dengan sangat rapi.
• Faktor yang lain
Periklanan, kampanye, peragaan, souvenir, factor-faktor lain yang sangat mempengaruhi penjualan. Namum untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dibutuhkan dana yang cukup, karena selain harganya yang cukup mahal kegiatan tersebut bagusnya dilaksanakan secara continue.
Perbedaan penjualan dengan pemasaran .
Penjualan
1.tekanan pada produk
2.perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
3.manajemen berorientasi ke volume penjualan.
4.perencanaan berorientasi
Pemasaran
1.tekanan pada keinginan konsumen
2.perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
3.manajemen berorientasi ke laba usaha.
4.perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang.
Pemasaran adalah suatu kegiatan usaha manusia dalam bentuk usaha dagang yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari seorang produsen kepada seorang konsumen.
fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi, mendefinisikan dan mengukur besarnya,menentukan pasar sasaran mana yang paling baik yang dapat dilayani, menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani pasar (Kotler, 2003).
Perubahan pemasaran dari orientasi produk ke pola pemasaran yang berorientasi pasar dewasa ini menjadikan persaingan semakin kompetitif. Oleh karenanya untuk berhasil sesuatu perusahaan didalam persaingan disyarakatkan harus menciptakan nilai tambah bagi para konsumen serta memperhatikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.
(Band, 1991).
Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli.
Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya
penjualan
Definisi penjualan yaitu penerimaan yang diperoleh dari pengiriman barang dagangan dalam bursa dagang karena terjadinya pertukaran antar uang dengan barang dagang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penjualan :
• Kondisi dan kemampuan sang penjual
Penjual harus dapat meyakinkan pembeli agar dapat menghasilkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Disini sang penjual sebagai pihak pertama dan sang pembeli sebagai pihak kedua. Penjual juga harus memahami beberapa masalah penting yang berkaitan dengan jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan, harga produk, syarat-syarat penjualan seperti misanlnya pelayanan sesudah penjualan, garansi dsb.
• Kondisi pasar
Kondisi pasar harus baik, karena kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan sangat mempengaruhi kegiatan penjualanya.
• Modal
Apabila lokasi pembeli jauh dari penjual akan menjadi lebih sulit penjualan barangnya. Dalam keadaan seperti ini, penjual harus memperkenalkan dulu barangnya kepada si pembeli, oleh Karena itu dibutuhkan modal untuk biaya transport, dana promosi dsb.
• Kondisi perusahaan tersebut
Keharmonisan di dalam perusahaan sangat dibutuhkan, sehingga tidak ada terjadinya percekcokan, dalam hal ini biasanya ditangani oleh orang yang sudah ahlinya atau ahli dibidang penjualan agar kondisi perusahaan tertata dengan sangat rapi.
• Faktor yang lain
Periklanan, kampanye, peragaan, souvenir, factor-faktor lain yang sangat mempengaruhi penjualan. Namum untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dibutuhkan dana yang cukup, karena selain harganya yang cukup mahal kegiatan tersebut bagusnya dilaksanakan secara continue.
Perbedaan penjualan dengan pemasaran .
Penjualan
1.tekanan pada produk
2.perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
3.manajemen berorientasi ke volume penjualan.
4.perencanaan berorientasi
Pemasaran
1.tekanan pada keinginan konsumen
2.perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
3.manajemen berorientasi ke laba usaha.
4.perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang.
Komentar