Langsung ke konten utama

perbedaaan pemasaran dengan penjualan

pemasaran

Pemasaran adalah suatu kegiatan usaha manusia dalam bentuk usaha dagang yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari seorang produsen kepada seorang konsumen.

fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi, mendefinisikan dan mengukur besarnya,menentukan pasar sasaran mana yang paling baik yang dapat dilayani, menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani pasar (Kotler, 2003).

Perubahan pemasaran dari orientasi produk ke pola pemasaran yang berorientasi pasar dewasa ini menjadikan persaingan semakin kompetitif. Oleh karenanya untuk berhasil sesuatu perusahaan didalam persaingan disyarakatkan harus menciptakan nilai tambah bagi para konsumen serta memperhatikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.
(Band, 1991).


Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli.
Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya








penjualan

Definisi penjualan yaitu penerimaan yang diperoleh dari pengiriman barang dagangan dalam bursa dagang karena terjadinya pertukaran antar uang dengan barang dagang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penjualan :
• Kondisi dan kemampuan sang penjual
Penjual harus dapat meyakinkan pembeli agar dapat menghasilkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Disini sang penjual sebagai pihak pertama dan sang pembeli sebagai pihak kedua. Penjual juga harus memahami beberapa masalah penting yang berkaitan dengan jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan, harga produk, syarat-syarat penjualan seperti misanlnya pelayanan sesudah penjualan, garansi dsb.
• Kondisi pasar
Kondisi pasar harus baik, karena kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan sangat mempengaruhi kegiatan penjualanya.
• Modal
Apabila lokasi pembeli jauh dari penjual akan menjadi lebih sulit penjualan barangnya. Dalam keadaan seperti ini, penjual harus memperkenalkan dulu barangnya kepada si pembeli, oleh Karena itu dibutuhkan modal untuk biaya transport, dana promosi dsb.
• Kondisi perusahaan tersebut
Keharmonisan di dalam perusahaan sangat dibutuhkan, sehingga tidak ada terjadinya percekcokan, dalam hal ini biasanya ditangani oleh orang yang sudah ahlinya atau ahli dibidang penjualan agar kondisi perusahaan tertata dengan sangat rapi.
• Faktor yang lain
Periklanan, kampanye, peragaan, souvenir, factor-faktor lain yang sangat mempengaruhi penjualan. Namum untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dibutuhkan dana yang cukup, karena selain harganya yang cukup mahal kegiatan tersebut bagusnya dilaksanakan secara continue.


Perbedaan penjualan dengan pemasaran .

Penjualan
1.tekanan pada produk
2.perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
3.manajemen berorientasi ke volume penjualan.
4.perencanaan berorientasi

Pemasaran
1.tekanan pada keinginan konsumen
2.perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
3.manajemen berorientasi ke laba usaha.
4.perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Hukum) Franchise dalam "islam"

  Prolog Islam sebagai ajaran yang bersifat rahmatan lil 'alamin, semangatnya bertumpu pada kemaslahatan yang hakiki termasuk syariatnya dalam bidang muamalat (bisnis), dimana kaidah fiqih mengatakan bahwa pada prinsipnya hukum muâmalat adalah boleh selama tidak ada dalil yang mengharamkannya (dalam Al-quran dan Hadits). Dalil yang dapat mengubah hukum muâmalat dari boleh (halal) kepada tidak boleh (haram) tersebut mengacu kepada disiplin ushul fiqih yaitu dapat berupa dalil eksplisit (sharih) al-Qurân dan Hadits Nabi saw atau dalil lain melalui uji verifikasi tertentu seperti Ijmaâ (konsensus para ulama), Qiyas (analogi), Mashalih Mursalah (konsep maslahat) dan sebagainya. Semua kaidah tersebut sebenarnya terfokus pada prinsip maslahat yaitu konsep pertimbangan baik-buruk, positif-negatif, dan mudharat-mashlahat berdasarkan kaidah umum dan dalil sharih serta shahih syariat Islam. Prinsip sentral syariah Islam menurut Ibnul Qayyim dalam Iâlam al-Muwaqqiâin

Lazy is Expensive !!!

Salam hangat dari penulis untuk para pembaca, di sini saya akan menulis sebuah artikel yang menurut saya sangat penting untuk diperhatikan terutama bagi kalangan anak muda karena satu sifat inilah yang banyak mengakibatkan cita-cita seorang anak adam terutama kalangan muda kandas di tengah jalan yang megakibatkan tidak sedikit menjadikanya seorang anak yang kurang baik di masa yang akan datang dari segi kehidupanya naudzubillah min dzalik. sebelum saya menulis secara detail tentang artikel " malas itu mahal" saya ingin menginfokan keberadaan saya sebagai penulis, sekarang pada tanggal 25 maret 2012 tepatnya hari kamis pukul 13.33 WIB berada di kota Depok yang berlokasi di pulau jawa tepatnya jawa barat, Depok kondisi cuaca siang ini sangat terik setelah beberapa hari lalu sempat diterjang angin besar yang mengakibatkan beberapa pohon besar rubuh yang berlokasi di daerah kota Jakarta-Depok dan sekitarnya dan mengakibatkan kemacetan lalu lintas. setelah menjalani ke

Matchday 32 v City at Etihad Stadium

Menurut saya pertandingan malam ini menjadi permainan terburuk sepanjang musim 2019/2020 yang dilakoni oleh Liverpool, besar harapan bisa main bagus melawan rival terdekat, yang terjadi justru sebaliknya, lawan bisa clean sheet dan tim kesayangan kita kebobolan 4 dengan 1 gol bunuh diri ox yang baru masuk di babak kedua, sungguh sangat miris walaupun posisi tim kesayangan kita sudah dinobatkan sebagai juara EPL musim ini. Berikut sedikit saya ulas per poin jalannya pertandingan malam tadi, dengan sedikit ubahan dari catatan fans liverpool lainnya. 1. Secara taktik, babak pertama terlihat ada yang diubah oleh pelatih City, justru mereka bermain tidak mengandalkan sayap. Ketiadaan Sane bukan alasan karena pelatih City juga tidak menurunkan Bernardo Silva, artinya mereka tidak mau bermain saya sebagaimana biasa mereka lakukan ketika sedang menyerang. 2. Sementara Liverpool malah kehilangan serangan sayap di babak pertama. TAA bermain terlalu kedalam. Mungkin untuk menjaga kebebasan Sterli