Langsung ke konten utama

perbedaaan pemasaran dengan penjualan

pemasaran

Pemasaran adalah suatu kegiatan usaha manusia dalam bentuk usaha dagang yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari seorang produsen kepada seorang konsumen.

fungsi bisnis yang mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi, mendefinisikan dan mengukur besarnya,menentukan pasar sasaran mana yang paling baik yang dapat dilayani, menentukan produk/jasa dan program – program yang sesuai untuk melayani pasar (Kotler, 2003).

Perubahan pemasaran dari orientasi produk ke pola pemasaran yang berorientasi pasar dewasa ini menjadikan persaingan semakin kompetitif. Oleh karenanya untuk berhasil sesuatu perusahaan didalam persaingan disyarakatkan harus menciptakan nilai tambah bagi para konsumen serta memperhatikan kebutuhan dan ekspektasi mereka.
(Band, 1991).


Konsep Pemasaran memfokuskan pada kebutuhan pembeli.
Karena itu pemasaran sibuk dengan pemikiran memuaskan kebutuhan pelanggan melalui produk dan keseluruhan barang yang berhubungan dengan penciptaan, pengantaran, dan akhirnya pengkonsumsiannya








penjualan

Definisi penjualan yaitu penerimaan yang diperoleh dari pengiriman barang dagangan dalam bursa dagang karena terjadinya pertukaran antar uang dengan barang dagang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penjualan :
• Kondisi dan kemampuan sang penjual
Penjual harus dapat meyakinkan pembeli agar dapat menghasilkan laba yang diharapkan oleh perusahaan. Disini sang penjual sebagai pihak pertama dan sang pembeli sebagai pihak kedua. Penjual juga harus memahami beberapa masalah penting yang berkaitan dengan jenis dan karakteristik barang yang ditawarkan, harga produk, syarat-syarat penjualan seperti misanlnya pelayanan sesudah penjualan, garansi dsb.
• Kondisi pasar
Kondisi pasar harus baik, karena kelompok pembeli atau pihak yang menjadi sasaran dalam penjualan sangat mempengaruhi kegiatan penjualanya.
• Modal
Apabila lokasi pembeli jauh dari penjual akan menjadi lebih sulit penjualan barangnya. Dalam keadaan seperti ini, penjual harus memperkenalkan dulu barangnya kepada si pembeli, oleh Karena itu dibutuhkan modal untuk biaya transport, dana promosi dsb.
• Kondisi perusahaan tersebut
Keharmonisan di dalam perusahaan sangat dibutuhkan, sehingga tidak ada terjadinya percekcokan, dalam hal ini biasanya ditangani oleh orang yang sudah ahlinya atau ahli dibidang penjualan agar kondisi perusahaan tertata dengan sangat rapi.
• Faktor yang lain
Periklanan, kampanye, peragaan, souvenir, factor-faktor lain yang sangat mempengaruhi penjualan. Namum untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut dibutuhkan dana yang cukup, karena selain harganya yang cukup mahal kegiatan tersebut bagusnya dilaksanakan secara continue.


Perbedaan penjualan dengan pemasaran .

Penjualan
1.tekanan pada produk
2.perusahaan pertama-tama membuat produk dan kemudian mereka-reka bagaimana menjualnya.
3.manajemen berorientasi ke volume penjualan.
4.perencanaan berorientasi

Pemasaran
1.tekanan pada keinginan konsumen
2.perusahaan pertama-tama menentukan apa yang diinginkan konsumen dan kemudian mereka-reka bagaimana membuat dan menyerahkan produknya untuk memenuhi keinginan itu.
3.manajemen berorientasi ke laba usaha.
4.perencanaan berorientasi ke hasil jangka panjang, berdasarkan produk-produk baru, pasar hari esok, dan pertumbuhan yang akan datang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bentuk arsitektur komputer (PK & TI 1A)

alhamdulillah, akhirnya pencarian terhadap bentuk arsitektur komputer saya dapatkan juga :) software (lapisan atas) ada 3 bagian 1. applications layer 2. higher order software layer 3. operating system layer keterangan: 1. application layer bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user. 2.higher order software layer Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri. 3. operating system layer Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah. hardware (lapisan bawah) ada 4 bagian 1. machine layer 2. microprogr...

Pola Makan Sehat Termasuk Ngemil

Kalau selama ini Anda menghindari ngemil dengan alasan ingin sehat, mungkin konsep pola makan tersebut perlu dievaluasi. Menurut penelitian ternyata orang-orang yang terbiasa ngemil di antara waktu makan cenderung lebih sehat.Orang yang terbiasa ngemil tersebut diketahui memiliki pola makan lebih sehat, lebih banyak mengonsumsi buah dan lebih jarang mengasup sodium, dibandingkan dengan orang yang terbiasa makan di waktu-waktu makan saja. Penelitian yang dimuat dalam Journal of the American Dietetic Association itu menggunatan data dari 11.209 orang berusia di atas 20 tahun yang berpartisipasi dalam survei tentang kesehatan dan nutrisi di tahun 1999 dan 2004. Para peneliti menggunakan sistem standar penilaian yang mengukur seberapa sehat pola makan para responden dalam skala 1-100, dengan nilai yang tinggi sebagai indikator diet sehat. Hasilnya diketahui mereka yang rutin ngemil memiliki skor lebih tinggi. Claire A.Zizza, ahli nutrisi yang melakukan studi ini mengatakan...

tujuan dan fungsi koperasi

TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI Pengertian Badan Usaha Badan usaha adalah kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Badan Usaha seringkali disamakan dengan perusahaan, walaupun pada kenyataannya berbeda. Perbedaan utamanya, Badan Usaha adalah lembaga sementara perusahaan adalah tempat dimana Badan Usaha itu mengelola faktor-faktor produksi Koperasi sebagai Badan Usaha Koperasi adalah badan usaha atau perusahaan yang tetap tunduk pada kaidah & aturan prinsip ekonomi yang berlaku (UU No. 25, 1992)  Mampu untuk menghasilkan keuntungan dan mengembangkan organisasi & usahanya   Ciri utama koperasi adalah pada sifat keanggotaan; sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa  Pengelolaan koperasi sebagai badan usaha dan unit ekonomi rakyat memerlukan sistem manajemen usaha (keuangan, tehnik, organisasi & informasi) dan sistem keanggotaan (membership system) Tujuan dan Nilai Koperasi Berorientasi pada profit or...